Berikut Ini adalah Cara Kirim Doa Untuk Orang Meninggal

  • on November 1, 2021
Anies: Ziarah Kubur di Jakarta Dibuka 17 Mei 2021
source gambar : idntimes.com

Kematian adalah takdir yang tidak bisa diubah dan diketahui oleh siapapun kecuali Allah. Kematian ini biasanya meninggalkan bekas luka yang mendalam, membuat orang yang ditinggalkan terus saja meratapi kematiannya.

Takdir tak bisa diubah, sebagai orang yang ditinggalkan, sebaiknya kita memberikan doa kepada mereka alih-alih menangisi dan meratapi kepergian mereka. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kalian bacakan untuk orang-orang yang telah meninggal.

1. Doa Untuk Ayah

Ayah adalah sosok yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang, beliau adalah sosok pelindung khususnya bagi anak perempuannya. Berikut ini adalah cara kirim doa untuk orang meninggal:

“Khushuushon ilaa ruuhi abii … (sebut nama ayah kita) bin … (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ayahku … (sebut nama ayah kita) putranya … (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

2. Doa untuk Ibu

Selain Ayah, Ibu juga merupakan sosok yang sangat penting bagi kehidupan kita. Bahkan ketka berbakti kepada orang tua, lebih utama untuk menghormati Ibu terlebih dahulu dibandingkan Ayah. Berikut ini adalah doa yang bisa kamu bacakan untuk Ibumu yang sudah tiada:

“Khushuushon ilaa ruuhi ummii … (sebut nama ibu kita) binti … (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ibuku … (sebut nama ibu kita) putrinya … (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

3. Doa Untuk Suami

Setelah menikah, orang paling penting dan paling dekat dalam kehidupan wanita adalah suaminya. Kehilangan suami tentu saja akan meninggalkan luka yang sangat mendalam. Namun, daripada menangisinya, alangkah lebih baik jika mendoakannya. Berikut adalah tata cara doanya:

“Khushuushon ilaa ruuhi zaujii … (sebut nama suami kita) bin … (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya suamiku (sebut nama suami kita) … putranya … (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

4. Doa Untuk Istri

Sama halnya seperti wanita, setelah menikah, orang yang paling dekat dengan lelaki adalah Istrinya, walaupun sebenarnya lebih utama Ibunya. Namun, kehilangan istri tentu saja akan meninggalkan sakit hati yang sangat dalam. Berikut adalah doa yang bisa kamu berikan:

“Khushuushon ilaa ruuhi zaujatii … (sebut nama istri kita) binti … (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya istriku … (sebut nama istri kita) putrinya … (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

5. Doa Untuk Anak Perempuan

Banyak orang berpendapat, orang yang paling sedih di dunia ini adalah orang tua yang kehilangan anaknya. Bahkan, rasanya akan jauh lebih sakit daripada anak kehilangan orang tuanya. Sebagai orang tua, lebih baik jika mendoakan anak tersebut daripada terus menangisinya. Berikut ini adalah bacaan doanya:

“Khushuushon ilaa ruuhi ibnati … (sebut nama anak perempuan kita). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya putriku … (sebut nama anak perempuan kita). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

6. Doa Untuk Anak Laki-laki

Ada sedikit perbedaan pembacaan doa untuk anak laki-laki dengan perempuan. Berikut adalah cara mengirim doa untuk anak laki-laki yang meninggal:

“Khushuushon ilaa ruuhi ibnii … (sebut nama anak laki-laki kita). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya putraku … (sebut nama anak laki-laki kita). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

Article Categories:
Informasi

Comments are closed.